Sebelumnya kami telah menulis tentang Panduang Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada tulisan kali ini kita akan mengenal Karakter Siswa - Yang jadi penentu apa yg dapat dipelajari bukan cuma perancang pembelajaran namun pun karakteristik pebelajar, macam mana pembelajaran dapat dilakukan & pemakaian ketrampilan tersebut nantinya (Dick, et al, 2001 : 95). Karakter Siswa yakni sudut sisi latar belakang pengalaman pebelajar yg berpengaruh kepada efektivitas proses belajarnya ( Seels and Richey, 1994 : 32). Karakter Siswa adalah salah satu variable keadaan pembelajaran. Karakteristik mampu berupa bakat, ketertarikan, sikap, motivasi menggali ilmu, gaya menuntut ilmu, kapabilitas berpikir & kekuatan awal yg sudah dimilikinya ( Uno, 2006 : 58).
Mengenali tingkah laku masukan & ciri-ciri peserta didik yaitu langkah awal yg amat mutlak dalam mendesign pengajaran bagi sebuah komunitas sasaran tertentu ( Munandir , 1987 : 112) Berita yg dimanfaatkan oleh desainer pembelajaran menyangkut masyarakat menuntut ilmu yg dapat memanfaatkan rancangannya meliputi (1) wawasan awal, (2) wawasan berkaitan materi pelajaran,(3) sikap kepada isikan & strategi pembelajaran yg bakal dipakai,(4) motivasi akademik, (5) tingkat pendidikan & kekuatan, (5) pilihan atau preferensi kepada trik mencari ilmu tertentu, (6) sikap kepada organisasi sekolah, & (7) karakteristik kelompok(Dick, et al, 2001 : 97). Aktivitas yg dilakukan buat mengukur wawasan awal ialah pre test dengan cara lisan ataupun catat.
Menurut Smaldino et al. (2008 : 9) pembelajar sanggup mengoptimalkan pemakaian technologi & fasilitas jikalau pembelajar mendalami gimana pebelajar menggali ilmu. Anak remaja sudah mempunyai kebolehan buat memperbaiki, menganalisa, membandingkan & memutarbalikkan pertalian yg abstrak ( Djiwandono, 2004 : 98). Mereka pula telah dapat buat memberikan argumen yg masuk akal berkaitan situasi & keadaan yg tak dialami. Remaja mampu menerima pikiran pikiran orang lain demi menjaga ketertiban diskusi.
Peserta Didik yg mengetahui kegunaan wawasan & ketrampilan yg dipelajari dapat mempunyai motivasi tinggi utk mencapai maksud pembelajaran ( Pribadi, 2009 : 21). diluar itu, motivasi intrinsik utk mencari ilmu sesuatu dipertinggi oleh pemakaian materi yg menarik & pun bersama beraneka trik penyampaian materi pembelajaran (Djiwandono, 2004 : 360).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar