Sekian Banyak pekan dulu aku mengikuti bimbingan teknis kurikulum 2013 tingkat KKM di daerah aku, ada pengalaman & kesan yg pass menggelitik waktu para peserta diminta buat menyusun Konsep Pengerjaan Pembelajaran (RPP). Waktu itu kami dibagi jadi sekian banyak grup, nantinya tiap grup mesti pilih seseorang wakil buat aktivitas Peer Teaching. Singkat narasi kami pilih satu orang guru senior yg bakal jadi wakil dari grup kami, tetapi dia belum menyelesaikan RPP nya, dulu RPP aku yg mereka memilih & mereka pelajari.
Waktu mereka membaca kepada poin Metode Pembelajaran yg bakal difungsikan mereka tiba-tiba tertawa & saling berbisik, dulu tak lama selanjutnya menghampiri aku seraya bicara " Neng ini metode pembelajarannya salah, periode ada metode pengamatan & narasi segala, metode kan kayak ceramah, bertanya jawab" sejenak aku tersenyum sambil mengemukakan bu, metode pembelajaran itu tidak sedikit, termasuk juga salah satunya pengamatan & bercerita, namun dirinya tak ingin terima & kekeh kepada opininya bahwa metode yg aku tuliskan itu salah.
Mencari Ilmu dari pengalaman tersebut, hasilnya aku terinspirasi buat sekedar sharing mengenai sekian banyak metode pembelajaran yg barangkali dapat menambah wawasan bapak/ibu guru dalam laksanakan pembelajaran.
Adapun metode-metode tersebut diantaranya :
Demonstrasi ( Demonstration )
Dalam aktivitas pembelajaran memakai demonstrasi, guru memperagakan atau menunjukkan trick mengerjakan satu buah prosedur, trik bekerjanya sebuah prinsip, kiat memakai satu buah peralatan,dan seterusnya.
Pengamatan ( Observasi )
Metode pembelajaran yg hendaknya peserta didik mengamati dengan cara cek obyek studi atau materi yg dipelajari dgn maksud biar peserta didik mendapati gambaran & pengertian yg terang.
Cooperative script
Skrip kooperatif yakni metode menuntut ilmu di mana peserta didik bekerja berpasangan & dengan cara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yg dipelajari.
Diskusi
Metode mengajar yg menghendaki sekelompok peserta didik ( 3 orang atau lebih ) membahas sebuah masalah ditinjau dari beraneka ragam sisi atau sisi pandang.
Debat
Metode pembelajaran di mana peserta didik baik dengan cara individual atau grup dilatih, di satu pihak buat mengemukkan satu buah pernyataan pada sebuah persoalan, sedangkan group lain utk mengatakan bantahan, sanggahan, atau opini yg tidak serupa bersama disertai argumen
Dramatisasi
Metode mengajar di mana sekelompok peserta didik ditugasi memerankan atau membawakan sebuah narasi baik narasi fiktif ataupun narasi peristiwa.
Latihan ( Drill )
Aktivitas menuntut ilmu bersama berlatih dengan cara rutin, berulangkali, & intensif dgn tujuan menolong peserta didik menguasai keterampilan ( skills ) tertentu.
Percobaan ( Eksperimen )
Aktivitas menuntut ilmu yg menghendaki peserta didik memberikan perlakuan ( treatment ) yg berbeda-beda pada satu buah obyek atau subyek utk diamati ada tidaknya pengaruh atau ada tidaknya perbedaan pengaruh perlakuan tadi.
Pengalaman Arena Lapang ( Field Experience )
Gerakan mempelajari dengan cara serta-merta praktek di arena lapang kerja yg sesungguhnya. Sampel : Para peserta didik disuruh mengamati dengan cara serta-merta bagaimanakah proses pengerjaan Peraturan Daerah,biar lebih terang.
Permainan ( Gaming )
Aktivitas menggali ilmu yg menghendaki peserta didik berkompetensi atau berlomba baik dengan cara fisik ataupun mental tepat bersama aturan permainan yg sudah ditetapkan.
Studi Independen ( Independent Study )
Metode pembelajaran di mana peserta didik jalankan aktivitas bukan dalam wujud pembelajaran di kelas dengan cara klasikal, melainkan dgn jalan jalankan bermacam aktivitas seperti konsultasi dgn guru, instruktur, nara sumber, dalam rangka menyelesaikan tugasnya.
Pengalaman Laboratorium ( Laboratori Experience )
Gerakan mencari ilmu yg dilaksanakan dalam sebuah laboratorium direncanakan buat satu buah grup peserta didik yg belajar satu buah sektor studi tertentu termasuk juga memperaktekkan teori – teori bersama lewat pengamatan, percobaan, riset, menggali ilmu bahasa asing, termasuk juga didilamnya mencari ilmu dgn jalan demonstrasi, latihan ( drill ) & praktikum.
Kuliah atau Ceramah ( Lecturing )
Sebuah metode pembelajaran di mana guru atau instruktur menyajikan materi pelajaran dengan cara lisan menyangkut sebuah fakta atau dalil dalil atau prinsip. Peserta Didik mengikuti pelajaran bersama mendengarkan & mencatat.
Mendengarkan ( Listening )
Peserta Didik melakukan secara mendengarkan. Sample : peserta didik dilatih mendengarakan radio & menonton siaran Televisi, setelah itu peserta didik disuruh menarik ringkasan & analisis dari informasi alat tersebut.
Model & Tiruan ( Modelling and Imitation )
Gerakan mencari ilmu di mana peserta didik ditunjukkan satu buah model yg baik buat dijadikan sample atau teladan buat ditiru pelakunya .
Diskusi Panel ( Panel discussion )
metode pembelajaran di mana materi pelajaran di sampaikan oleh orang-orang yg mempunyai keahlian dibidang masing masing dalam satu buah forum.
Praktikum
Gerakan mencari ilmu di mana sisiwa dikasih peluang utk mempraktekkan wawasan pemahaman & keterampilan yg diperleh.
Pemecahan Masalah
Metode pemecahan masalah (problem solving) yaitu pemakaian metode dalam aktivitas pembelajaran bersama jalan melatih peserta didik menghadapi bermacam masalah baik itu masalah pribadi atau perorangan ataupun masalah group buat dipecahkan sendiri atau dengan cara bersama-sama.
Orientasi pembelajarannya yakni investigasi & penemuan yg terhadap dasarnya ialah pemecahan masalah.
Pengajaran Terprogram ( Programmed Intruction )
Metode pembelajaran di mana materi pelajaran disajikan sedikit demi sedikit menurut urutan sistematis.
Arahan ( Tutoring )
Teknik mengajar di mana peserta didik diberikan sebuah pelajaran dengan cara individu dalam wujud pertolongan menuntut ilmu.
Simulasi ( Simulation )
Gerakan mencari ilmu di mana peserta didik ditugasi utk memerankan atau menirukan tingkah laku tokoh-tokoh dari satu buah situasi atau kejadian yg nyata.
Proyek
Gerakan menggali ilmu di mana peserta didik baik dengan cara individual ataupun grup dikasih pekerjaan menyelesaikan aktivitas yg akhirnya mampu diamati.
Resitasi ( Ricitation )
Gerakan pembelajaran berupa menyajikan terhadap sohib sekelas atau grup berkaitan keterampilan yg sudah dikuasai dari hasil studi individu atau group.
Portofolio
Metode mengajar di mana peserta didik ditugasi menyatukan hasil penulisan, hasil pengamatan, hasil kunjungan arena lapang, pengumpulan benda-benda yg relevan dgn maksud pembelajaran dan seterusnya.
Magang ( Internship )
Metode mengajar di mana peserta didik terjun segera ke arena lapang kerja, mempraktekkan teori yg diperoleh dibangku sekolah.
Bertanya Jawab
Teknik mengajar di mana peserta didik & guru saling berinteraksi & berkomunikasi berkaitan bermacam macam materi yg sudah diajarkan.
Narasi
Satu Buah teknik di mana peserta didik diterangkan & diceritakan lewat beraneka ragam cerita-cerita.
Role Playing
Metode Role Playing merupakan sebuah kiat penguasaan bahan-bahan pelajaran lewat pengembangan imajinasi & penghayatan peserta didik. Pengembangan imajinasi & penghayatan dilakukan peserta didik bersama memerankannya sbg tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini kepada biasanya dilakukan lebih dari satu orang, faktor itu bergantung terhadap apa yg diperankan.
Picture and Picture
Picture and Picture merupakan satu buah metode mencari ilmu yg memakai gambar & dipasangkan / diurutkan jadi urutan logis.
Student Teams - Achievement Divisions (STAD)
Peserta Didik dikelompokkan dengan cara heterogen setelah itu peserta didik yg pandai memaparkan anggota lain hingga mengerti.
Examples Non Examples
Examples Non Examples yaitu metode menggali ilmu yg memakai contoh-contoh. Contoh-contoh akan dari kasus/gambar yg relevan dgn KD.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar